Bikin Hijau! Perhutani dan Lembaga Desa Menanam Pohon di Bukit Pantai Serang Blitar

Jumat pagi dimanfaatkan warga Desa Serang untuk mencari pahala dan berkah lewat aksi acir lahan bersama Perhutani RPH Serang. Puluhan potongan bambu disiapkan untuk memberi tanda pada lahan yang akan dilubangi untuk menanam bibit pohon di kawasan hutan lindung percontohan, Pantai Serang Blitar.

Mantri Hutan Perhutani RPH Serang, Zanuar yang memimpin langsung kegiatan pengaciran di Pantai Serang menyatakan bahwa pada Rabu, 15 Desember nanti sejumlah komunitas dan lembaga desa akan ikut serta dalam kegiatan menanam bibit pohon di kawasan hutan lindung percontohan, Pantai Serang Blitar.

LMDH Wono Lestari, KTH Wana Mina Sentosa, Pokmaswas, PSHT, PORSIGAL, CEMPAKA PUTIH, Yayasan Karya Cipta Abisatnya, dan Caping Gunung akan diundang untuk menanam bersama warga Desa Serang Blitar.

Menanam pohon di bukit Pantai Serang menjadi agenda penting bagi Perhutani karena melihat gundulnya lahan di bukit-bukit Desa Serang.

"Kita dari pihak Perum Perhutani berusaha menginspirasi warga. Kita mengajak teman-teman penggiat lingkungan, pemuda-pemuda sekitar kawasan hutan Serang itu kita ajak nanam. Ini kan kita masih pasang acir dalam rangka persiapan. Kita acir dulu, bikin lubang, kita siapkan bibitnya nanti kita ajak teman-teman untuk menanam bersama," ujar Zanuar, Polisi Hutan yang bertugas di wilayah Desa Serang (10/12).

Endik Koeswoyo, Zanuar berfoto usai melakukan pengaciran di Pantai Serang Blitar (10/12)

Kegiatan menanam pohon untuk mengantisipasi perubahan iklim di kawasan hutan lindung percontohan Pantai Serang Blitar telah melibatkan komunitas peduli lingkungan, diantaranya PSHT Menanam, Brofic Menanam, dan SYC Menanam. Penanaman pohon dilakukan sejak November dan masih berlangsung sepanjang musim penghujan. 

Ijo Abang
Ijo Abang Dikasih Alam Sejahtera. Selanjutnya follow kami @ijoabangindonesia

Posting Komentar untuk "Bikin Hijau! Perhutani dan Lembaga Desa Menanam Pohon di Bukit Pantai Serang Blitar"